Minggu, 16 Oktober 2011

Jenis – jenis perusahaan dagang, jasa, dan perusahaan manufaktur

      Jenis – jenis perusahaan dagang, jasa, dan perusahaan manufaktur

Adapun sebelum kita mengetahui contoh-contoh dari perusahaan dagang, jasa dan manufaktur ada baiknya kita mengetahui apa definisi dari jenis perusahaan itu.
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan.
Perusahaan Dagang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan.
Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya menjadi barang yang dijual kepada pelanggan.
Contoh perusahaan jasa adalah PT Jalur Nugraha Ekakurir atau yang biasa disebut JNE. JNE adalah suatu perusahaan jasa yang bergerak di bidang pengiriman barang ataupun dokumen. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang bergerak di jasa pengiriman barang ini mempunyai beberapa  layanan dalam pengiriman barang / dokumen , diantaranya  paket YES(yakin esok sampai), Regular, OKE(ongkos kirim ekonomis), SS( superspeed/ kirim dan sampai di hari yang sama). Segmentasi yang dilakukan JNE dengan membagi beberapa layanan dengan tariff sesuai segmentasi pasar yang ingin digapai JNE, seperti contoh pada paket OKE(ongkos kirim ekonomis) yang diperuntukan untuk golongan menengah kebawah dengan waktu sampai barang hingga seminggu berbeda dengan YES atau SS yang diperutukan untuk golongan menengah keatas yang bias mengirim barang di hari yang sama sampai dengan 1 hari.
Contoh perusahaan manufaktur adalah PT Ultra jaya Milk tbk. PT. Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita dan Gogo untuk jus segar. Namun sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk bisa kembali ke bisnis utamanya, yaitu produksi susu. Susu yang dihasilkan PT ini dipisahkan dalam beberapa segmentasi pasar, pasar untuk balita, anak- anak, hingga dewasa. Dan dengan strategi kesegaran bahan baku susu dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melalui teknologi proses UHT (ultra high temperature) dan pengemasan aseptik tanpa menggunakan bahan pengawet apapun, Pt Ultra jaya Milk diharapkan tetap dapat menguasai pangsa pasarnya di Indonesia.

            Contoh perusahaan dagang adalah PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) atau Alfamart merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Dari segi Segmentasi, Alfamart merupakan perusahaan distributor eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari bagi semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua  dengan luas kurang dari 250 m². produk- produk yang dijualnya berbagai macam, dari makanan, minuman, tabung gas, peralatan sekolah dan lain-lain. Startegi pemasaran alfamart dengan membuka cabang yang dekat dengan perumahan masyarakat.


2 komentar:

  1. Berkat blogger ini tugas saya sudah selesai =))

    BalasHapus
  2. Saya memerlukan penjelasan jenis-jenis perusahaan ini, makasih ilmunya.

    BalasHapus